Ads Top

Tour de Linggarjati ke-6 Digelar Besok, Ratusan Personel Disiapkan

Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH bersama jajaran Forkopimda sedang melihat simulasi pengaturan dan pengamanan event Tour de Linggarjati ke-6 di Lapangan Pandapa Paramarta, Kamis (15/12/2022)

KUNINGAN - Kegiatan wisata olahraga balap sepeda bertajuk "Tour de Linggarjati" di Kabupaten Kuningan akan dimulai pada Jum'at (16/12/2022) besok. Kegiatan bertema Jelajah Marcapada ini akan diikuti ratusan bahkan ribuan pesepeda dalam beberapa kelas perlombaan.


"Kegiatan ini akan digelar selama 3 hari mulai Jum'at besok. Selain dilaksanakan di beberapa ruas jalan di Kuningan kota, TDL ke-6 ini juga akan melintasi ratusan desa yang ada di Kabupaten Kuningan," ungkap Ketua Pelaksana TDL ke-6, Trisman Supriatna kepada kuninganreligi.com, Kamis (15/12/2022).



Panitia, kata Trisman telah melakukan banyak persiapan guna suksesnya acara TDL ke-6 ini. 


Guna memastikan pelaksanaan TDL bisa  memberikan kenyamanan, keamanan dan ketertiban baik bagi para peserta maupun bagi masyarakat, maka pada Kamis (15/12) pagi digelar Apel Siaga dengan melibatkan seluruh komponen yang terlibat.


Apel siaga ini nampak dihadiri aparat TNI, Polri, Sat Pol PP, Damkar, Dishub, Linmas, Marshal,  Komunitas dan lainnya, dan dilangsungkan di lapangan Pandapa Paramarta.


Bupati Kuningan, Acep Purnama, pada apel tersebut menandaskan seluruh komponen yang terlibat pada pelaksanaan TDL ke-6 sudah siap menyukseskan event ini.


Pada pelaksanaannya, para petugas yang ditempatkan di posisi masing-masing harus sudah menguasai apa yang akan dilakukan.


"Jadi semuanya harus tahu mau apa, siapa, kapan dan dimana harus berbuat apa pada pelaksanaan TDL ini," ucapnya didepan ratusan peserta apel.



Pihaknya juga meminta para petugas di lapangan, seperti di desa-desa yang dilewati rute TDL, para anggota Linmas dan aparat desa setempat harus bisa menjadi pelopor keselamatan dan keamanan bagi masyarakatnya nanti saat TDL berlangsung.


"Kita juga sudah siapkan ambulan-ambulan berikut tenaga kesehatan dari Puskesmas-puskesmas untuk membantu bilamana ada hal-hal yang tidak kita harapkan," ujarnya.


Pada pelaksanaan TDL ke-6 ini, imbuhnya, diikuti oleh sejumlah 320 peserta dari berbagai kelas perlombaan, seperti Gran Fondo, Individual Road Race dan Criterium.


"Kebetulan peserta dari luar negeri yang semula sudah mendaftar, saat ini tidak ada yang ikut serta. Tanpa mengurangi meriahnya TDL, ini bisa jadi ajang pencarian bakat atlet balap sepeda juga," paparnya.


Untuk diketahui, kegiatan TDL ke-6 ini akan dilaksanakan selama 3 hari. Hari pertama, Jum'at (16/12), akan digelar lomba balap sepeda kelas Gran Fondo yang akan menempuh jarak 63,4 KM.


Pada Sabtu (17/12) akan digelar lomba balap sepeda kelas Individual Road Race yang dibagi kedalam 3 kategori, yakni Youth (29,7 KM), Junior (47,7 KM) dan Men Elite (129,8 KM).



Hari ketiga TDL ini, Ahad (18/12) akan digelar 2 jenis lomba, yakni Criterium (2,9 KM/Lap) dan Fun Bike (21,3 KM).


Selain agenda balap sepeda, bersamaan dengan event TDL ini akan digelar juga Bazar UMKM, BMX Freestyle (di depan Taman Relief Jalan Siliwangi) dan Festival Kuliner Jalan Dewi Sartika. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.