Ads Top

Gempa Bumi Kembali Guncang Cianjur, Sejumlah Warga Terluka

Sebuah video rekaman CCTV terkait peristiwa gempa bumi di Cianjur pada Selasa (23/01) dini hari tadi

JABAR - Kabupaten Cianjur kembali diguncang gempa bumi pada Selasa (23/01/2023) dini hari tadi sekira pukul 02:45 WIB. Gempa berkekuatan 4,3 M ini merupakan gempa bumi susulan terbesar sejak terjadinya gempa bumi di Cianjur pada Bulan November 2022 lalu.



Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi gempa susulan sebanyak 487 kali sejak tanggal 21 November 2022 hingga 23 Januari 2023 di Kabupaten Cianjur.


"Hari Selasa, 24 Januari 2023 pukul 02:45:01 WIB, wilayah KAB-CIANJUR-JABAR dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,3 ," tulis BMKG pada akun Twitter.


Menurut informasi tersebut, Episenter gempa terletak pada koordinat 6.82 LS dan 107.07 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km BaratLaut KAB-CIANJUR-JABAR pada kedalaman 10 km.  


"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang," tambah keterangan tersebut.



Pihak BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Dari informasi terhimpun, ada sejumlah warga terluka akibat tertimpa reruntuhan tembok dan genting rumah. Hingga kini belum diketahui pasti jumlah warga yang terluka, dan belum dikabarkan ada korban jiwa pada peristiwa gempa susulan ini. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.