Ads Top

Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama, ASN Diajak Kembali Luruskan Niat

Bupati Kuningan, Acep Purnama menerima piagam penghargaan dari Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan, pada peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Selasa (03/01/2023)


KUNINGAN - Pada upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama, di Lapangan Pandapa Paramarta, Selasa (03/01/2023), Bupati Kuningan, Acep Purnama mengajak para ASN, khususnya di lingkup Kemenag , untuk kembali memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada ummat.


Hal itu dikatakan Acep sesuai isi amanat dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, yang dibacakannya.



"Hari ini mari kita kembali merenungi kenapa Kemenag yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan. Sudahkah kita melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kemenag ini atau belum?," kata Bupati.


Setahun sejak digelorakannya semangat transformasi melayani ummat di tubuh Kemenag, imbuh Acep, hari ini kondisi perubahan pelayanan itu sudah terwujud dan nampak hasilnya secara bertahap.


"Kemenag saat ini terlihat berubah pada birokrasinya yang lebih lincah dan responsif. Kehadiran aplikasi Pusaka Super Apps untuk membantu layanan Kemenag dari pusat ke daerah sudah mulai terasa manfaatnya," ujarnya.


Berkat peningkatan pelayanan tersebut, di tahun 2022, Kemenag RI telah diganjar lebih dari 22 penghargaan atas prestasi yang dicapai.


"Tema HAB ke-77 Kemenag ini adalah Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Ini bukan tugas mudah yang harus diwujudkan karena fluktuasi dan dinamisnya kerukunan ini," terangnya.


Kondisi menjelang perhelatan Pemilu 2024, yang diduga akan terjadi peningkatan dinamika kerukunan umat, pihaknya mengajak masyarakat bisa menjaga kerukunan untuk menunjang stabilitas pembangunan nasional.


"Keluarga besar Kemenag dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai di masyarakat," kata Bupati lagi.



Selain itu, Acep mengajak para ASN di Kemenag untuk terus meningkatkan soliditas organisasi agar Kemenag tetap menjadi lembaga yang benar-benar terbukti melayani ummat sesuai jargonnya. 


Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan, Ahmad Hadiman Romdoni, memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Kuningan atas dukungan Pemkab terhadap program-program keagamaan di Kabupaten Kuningan. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.