Ads Top

Lagi, Sungai Cariang Meluap, Sawah dan Jalan Terendam, Sejumlah Sepeda Motor Mogok

Pengendara sepeda motor yang terjebak banjir di depan SMK Cibening Cibingbin, Selasa (17/01/2023)

KUNINGAN - Seperti sudah menjadi langganan, jalan raya depan SMK Cibening, Dusun Wage RT 001 RW 005 Desa/Kecamatan Cibingbin, kembali terendam banjir karena luapan air Sungai Cariang.


Pada Selasa (17/01/2023), hujan deras terjadi dalam waktu yang lama, sehingga permukaan air Sungai Cariang meluap ke badan jalan.


Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu, saat ditemui di lokasi banjir, menerangkan, akibat luapan air Sungai Cariang ini area persawahan di depan SMK Cibening terendam.



"Akses Jalan Kabupaten dari Kecamatan Cibingbin menuju Banjarharjo Brebes, terendam banjir setinggi 30 – 60 cm," jelasnya.


Akibatnya, akses lalu lintas warga sempat terhambat dan aktivitas warga masyarakat terganggu. 



Beruntung tidak ada korban jiwa dan fasilitas umum yang rusak akibat banjir ini. Hanya saja areal pesawahan luasan ± 3 Ha dan halaman SMK Cibening terendam banjir.


Hujan yang terjadi dalam waktu dua jam ini, menimbulkan debit air sungai Cariang yang meningkat dan drainase yang kurang baik mengakibatkan banjir.


Pihaknya mengaku sudah melakukan penanganan serta berkoordinasi dengan Aparat desa, kecamatan, TNI, POLRI, dan BBWS.


Terpisah, salah seorang warga, Aries Boby, mengatakan, kejadian banjir ini merupakan kejadian yang selalu terulang setiap terjadinya hujan deras dalam waktu yang lama.



"Tadi ketinggian air lumayan tinggi, sehingga menimbulkan beberapa sepeda motor mogok," katanya.


Ia bersama masyarakat sekitar melakukan pengamanan jalur Kendaraan Roda 2 dan Roda 4. Mereka juga membantu mendorong kendaraan yang mogok dan membuat jalan alternatif bagi sepeda motor agar tidak terendam banjir. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.