Ads Top

Ratusan Relawan Clean The City Kuningan Bersihkan Sampah Sisa Perayaan Malam Pergantian Tahun

Ratusan relawan Clean The City sedang membersihkan sampah yang berserakan di seputar Kuningan Kota, Ahad (01/01/2023) - foto:  IG @kuninganrepost

KUNINGAN - Ratusan relawan yang tergabung dalam Komunitas Clean the City menandai hari pertama di Tahun 2023 dengan aksi bersih-bersih sampah di sekitar Taman Kota Kuningan dan area Jalan Siliwangi Kabupaten Kuningan, Ahad (01/01/2023).


Koordinator Komunitas Clean the City Kabupaten Kuningan, Dita Tri Anditya, dalam keterangannya menyebutkan, agenda bersihkan sampah di seputar Kuningan Kota ini memang sudah menjadi rencana pihaknya untuk menyikapi persoalan sampah yang dihasilkan dari perayaan malam pergantian tahun tadi malam.



"Kondisi pasca perayaan tahun baru khususnya di Kabupaten Kuningan, turut diramaikan dengan padatnya masyarakat yang memilih untuk pergi ke area pusat kota," paparnya.


Aktivitas masyarakat di malam pergantian tahun ini, baik yang menikmati kuliner maupun aktivitas konsumtif lainnya, tak bisa terhindar dari sampah yang pasti dihasilkan dari kegiatan tersebut.


"Tentu hal yang tidak dapat dihindari dampak dari aktivitas ini adalah berserakannya sampah-sampah di area pusat kota. Maka kami dari komunitas Clean The City hadir," tandas Dita.


Meski kondisi cuaca di hari pertama tahun 2023 ini diwarnai mendung gerimis dan berkabut, namun tak menyurutkan semangat 350 orang relawan CTC untuk melaksanakan aksi sosial lingkungan membersihkan sampah-sampah yang berserakan.


Dengan membawa peralatan seperti sapu lidi, pengki, dan kantung plastik besar, mereka menyusuri area Taman Kota Kuningan, sekitar Masjid Syiarul Islam dan Jalan Siliwangi untuk memungut dan mengumpulkan sampah.


Tak hanya di sana, mereka juga bergerak dari Desa Manislor, menyusuri rute kampanye aksi sosial ini dari area Pandapa, sepanjang Jalan Siliwangi area Car Free Day, dan juga Taman Cirendang.


"Kegiatan sosial kampanye kebersihan melalui aksi-aksi nyata berupa membersihkan lingkungan di area sentral kota ini sudah dilaksanakan sejak 2016 yang tersebar di banyak titik di kota-kota Indonesia," jelas Dita mengungkapkan eksistensi komunitas yang digelutinya.



Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan, Wawan Setiawan yang ikut berada di tengah-tengah para relawan Clean the City ini mengaku sangat mengapresiasi agenda tersebut.


"Kami sangat apresiasi, semoga bisa menjadi contoh untuk warga lainnya. Kedepannya kita akan terus bermitra, dengan harapan kampanye-kampanye ini dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dengan langkah minimal membuang sampah pada tempatnya," papar Wawan. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.