Antisipasi Dini Cegah Fenomena 'Perang Sarung' Polsek Ciwaru Gandeng Anggota Linmas - Kuningan Religi

Breaking


Senin, 27 Maret 2023

Antisipasi Dini Cegah Fenomena 'Perang Sarung' Polsek Ciwaru Gandeng Anggota Linmas

Fenomena perang sarung dicegah melalui partisipasi aktif perlindungan masyarakat
Anggota Polsek Ciwaru Polres Kuningan gencarkan sosialisasi antisipasi dini Cegah fenomena perang sarung yang biasa terjadi di malam hari pada Bulan Suci Ramadhan 

KUNINGAN - Polsek Ciwaru, yang berada di bawah cakupan Polres Kuningan, gencar melakukan upaya preventif untuk mencegah terjadinya "perang sarung" yang biasanya marak terjadi pada malam hari selama Bulan Suci Ramadhan.


Fenomena perang sarung ini selalu menjadi masalah umum di beberapa daerah yang biasanya dilakukan oleh kelompok anak remaja saat malam hari menjelang waktu Sahur di Bulan Suci Ramadhan.


Guna mencegah terjadinya perang sarung tersebut, selain gencar melakukan patroli malam hari, anggota Polsek Ciwaru menggiatkan sosialisasi kepada para anggota perlindungan masyarakat (Linmas) di desa-desa.


Para anggota Linmas diharapkan menjadi lebih aktif dalam menjaga ketertiban umum seperti upaya pencegahan dini terjadinya fenomena perang sarung.


Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Polsek Ciwaru untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam menjaga ketertiban umum, terutama selama Bulan Ramadan.


Dari upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antara kepolisian dan masyarakat setempat dalam memastikan lingkungan yang aman.


Seperti yang dilakukan oleh anggota Polsek Ciwaru Polres Kuningan, dipimpin oleh Kanit Binmas, Aipda A. Ramdan, bersama rekannya, Brigpol Yogi dan Briptu Komang Tangkas, pada Senin (27/03/2023) yang mengunjungi para anggota Linmas di Desa Garajati untuk menjaga ketertiban masyarakat selama bulan Ramadhan.


Dalam sosialisasi itu, Kanit Binmas memberikan arahan kepada anggota Linmas, mendorong mereka untuk mendidik remaja agar menghindari aktivitas yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan selama bulan puasa, seperti "perang sarung." 


Kapolres Kuningan, AKBP Dhany Aryanda, melalui Kapolsek Ciwaru, AKP Riffianto, menjelaskan, fenomena "perang sarung" dapat menyebabkan konflik antara warga dan berpotensi menjadi ancaman gangguan ketertiban di masyarakat.


"Masyarakat dihimbau untuk fokus dalam menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadhan untuk mendapatkan lebih banyak keberkahan," ungkap Kapolsek Riffianto.


Kapolsek Ciwaru menekankan pentingnya pendekatan positif dalam menciptakan lingkungan yang damai dan aman di wilayah hukum Polsek Ciwaru, dan mendorong masyarakat untuk menghindari aktivitas yang negatif. (Nars)