Diduga Comot Foto dari Google, Akun Instagram Ridwan Kamil Kembali Diserang Warganet, RK Ngaku Salah - Kuningan Religi

Breaking


Jumat, 24 Maret 2023

Diduga Comot Foto dari Google, Akun Instagram Ridwan Kamil Kembali Diserang Warganet, RK Ngaku Salah

 

Foto unggahan akun Instagram Ridwan Kamil
Foto unggahan akun Instagram Ridwan Kamil

JABAR - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kembali menjadi sasaran serangan dari sejumlah warganet di media sosial. Kali ini, ia diduga mengambil gambar dari Google dan memposting di akun Instagramnya.


Akun Instagram @ridwankamil pada Selasa (21/03/2023) lalu membagikan foto terkait upaya Pemerintah Provinsi Jabar untuk perbaikan 71 ruas jalan yang segera dilakukan.


"Setelah 2 tahun tertunda karena anggaran infrastruktur yang tergeser untuk bantuan sosial Covid 19. Tahun 2023 ini, 71 ruas jalan di Jawa Barat segera diperbaiki. Januari-Maret tiap tahun adalah jadwal pelelangan proyek," tulis akun tersebut.


Ditambahkan, pengerjaan terhadap 71 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemdaprov Jabar ini, terbagi dalam tiga klasifikasi yaitu pemeliharaan berkala, rekonstruksi, dan peningkatan jalan.


Baca juga:

Akhir Masa Jabatan di Jabar, Ridwan Kamil: Rp 1 Triliun untuk Infrastruktur Jalan


Namun, yang menarik, sehari setelah unggahan ini beredar, ada komentar dari akun Instagram atas nama @narkosun yang menuding unggahan Gubernur Jawa Barat ini telah mengambil foto dari sumber lain di internet.


"Ini foto iklan milik perusahaan readymix, tahun 2019 pak," tulis @narkosun pada komentar di unggahan Ridwan Kamil ini.


Sontak saja, komentar tersebut mengundang sorotan banyak warganet. Sejak komentar ini diunggah, sudah 1011 warganet yang memijit tombol hati (suka) pada komentar tersebut.


Berita terkait:

"Tolong ini dipin pak," ujar akun @mahfudz_al mengomentari.


Selanjutnya, akun Instagram @ali_antemas juga ikut  berkomentar.

"benar pak..itu foto yg diatas foto th 2021 pernah dimuat..wah bapak kita punya admin asal copot foto aja. Bukan keadaan yg sebenarnya," ujarnya.


Lain halnya dengan akun @yodi.ryandaru yang mencoba menjelaskan alasan kenapa dipakai gambar ilustrasi pada unggahan Ridwan Kamil itu.


"Kalo mau lihat dokumentasi pengerjaan jalan provinsi di akun @bimautama.jabar. kenapa pake gambar ilustrasi karena sampe maret itu masih pelelangan berarti baru dikerjakan april walaupun beberapa ada yg udah dimulai," tulisnya 2 hari yang lalu.


Menanggapi kesalahannya dalam mengunggah foto di akun Instagramnya, Ridwan Kamil segera mengklarifikasi di akun Twitter miliknya pada Kamis (23/03).

"Mohon maaf atas penggunaan foto perbaikan jalan kemarin, ada kesalahan dalam penggunaan foto sebagai illustrasi tanpa mencantumkan sumber. Berikut adalah video proses perbaikan jalan yang semestinya," tulis pria yang akrab disapa Kang Emil ini.


Terlanjur dicap bersalah, unggahan Emil di Twitter tersebut ternyata mengundang banyak komentar juga dari warganet.


Akun Twitter milik Zaki Senafal mengomentari, kesalahan Gubernur Jawa Barat dalam mengunggah foto di media sosial semestinya jadi bahan pelajaran.


"Jadi pelajaran agar lain kali Mimin bisa lebih hati-hati lagi. Netizen hari ini cukup jeli dalam berbagai hal," ungkapnya.


"Makanya jangan asal comot foto dari Google, jejak digital google mudah ditelusuri," tulis akun atas nama @ChakKum. (Nars)