Keutamaan Membaca Al Qur'an Surah Ini pada Malam Pertama Ramadhan, Rezeki Akan Terus Mengalir - Kuningan Religi

Breaking


Rabu, 22 Maret 2023

Keutamaan Membaca Al Qur'an Surah Ini pada Malam Pertama Ramadhan, Rezeki Akan Terus Mengalir

Al Qur'an
Ilustrasi 

KHAZANAH - Malam pertama bulan Ramadan adalah malam yang penuh keagungan bahkan dalam riwayat Imam Muslim dalam shahihnya menyebutkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: " Yang paling Aku sukai ketimbang dunia beserta isinya yaitu Surah Al Fath,"


Disebutkan, Surah Al Fath ini diturunkan pada malam pertama Bulan Ramadhan. Surah Al - Fath memiliki makna kemenangan. Pada surah ini sebagian besar ayat - ayatnya menceritakan tentang hal - hal yang berhubungan dengan kemenangan Nabi Muhammad SAW di dalam peperangan.


Surah ini tergolong Surah Madaniyah terdiri dari 29 ayat, surah ini juga sering dibaca oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam di waktu subuh sebagaimana riwayat dari Al imam Abdul razakh dalam kitab musonnya.


Para ulama thabiin juga menjadikan bacaan Surah Inna Fatahna ini dalam bacaan Salat Magrib sebagaimana disebutkan dalam riwayat Al imam Al Bukhari.


Disebutkan keutamaan membaca Surah Al Fath pada malam pertama di bulan Ramadan dengan sanad yang bersambung kepada salah seorang Al Imam Abdurrahman bin Abdullah Al Mas'udy yang wafat sekitar tahun 160 Hijriyah beliau menyebutkan sebuah riwayat:


" Siapa saja yang membaca Surah Al Fath yang terdiri dari 29 ayat pada awal bulan Ramadan pada salat Sunnah maka dia akan Allah berikan penjagaan dari bala sampai tahun yang akan datang."


Keutamaan lainnya yang banyak disebutkan adalah, jika kita membaca Surah Al Fath ini (pada malam pertama di Bulan Ramadhan), maka:


1. Sepanjang tahun akan Allah cukupkan rezekinya Allah cukupkan rezekinya apa yang jadi hajat dia dikabulkan oleh Allah ta'ala riwayat lain juga menyebutkan


2. Dia dalam penjagaan Allah mendapat banyak kebaikan, hajatnya dikabulkan, segala doanya diijabah oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala sampai tahun yang akan berikutnya.


Ada pula keutamaan yang sangat besar yang kita dapatkan pada Bulan Ramadan, di awal bulan Ramadan ini dengan melakukan salat Sunnah 2 rakaat atau 4 rakaat di dalam salat tersebut kita khatamkan Surah Al Fath yang memiliki sebanyak 29 ayat, maka rezeki kita bakal mengalir.


Wallahu alam Bish Showab