Antisipasi Gangguan Ketertiban Malam Takbiran, Pemkab Kuningan Pantau Kondisi Lalu Lintas Melalui Command Center - Kuningan Religi

Breaking


Jumat, 21 April 2023

Antisipasi Gangguan Ketertiban Malam Takbiran, Pemkab Kuningan Pantau Kondisi Lalu Lintas Melalui Command Center

Pantauan CCTV Command Center Pemkab Kuningan di Malam Takbiran Idul Fitri 1444 H
Pantauan CCTV Command Center Pemkab Kuningan di Malam Takbiran Idul Fitri 1444 H

KUNINGAN - Dalam rangka memastikan keamanan dan kenyamanan selama malam takbiran Idul Fitri 1444 Hijriyah, pemerintah Kabupaten Kuningan melakukan pantauan CCTV di beberapa titik strategis, termasuk di depan Masjid Syiarul Islam Kabupaten Kuningan.


Kepala Diskominfo Kuningan, Wahyu Hidayah, melalui Kabid Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, Acep Tisna Sudrajat, menjelaskan bahwa pantauan CCTV ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama malam takbiran. 


"Kami melakukan pantauan CCTV di beberapa titik strategis, termasuk di depan Masjid Syiarul Islam Kabupaten Kuningan, sebagai bentuk upaya pemerintah untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama malam takbiran," ujarnya, Jum'at (21/04/2023) malam.


Menurut Acep, pantauan CCTV ini dilakukan oleh petugas Command Center Pemkab Kuningan yang telah dilengkapi dengan peralatan canggih dan terkini. "Petugas kami yang ditugaskan untuk melakukan pantauan CCTV telah dilengkapi dengan peralatan canggih dan terkini, sehingga mereka dapat memantau situasi di sekitar Masjid Syiarul Islam Kabupaten Kuningan secara real-time," terangnya.


Lebih lanjut, Acep menambahkan bahwa pantauan CCTV ini juga akan dilakukan di beberapa titik strategis lainnya, seperti di Bundaran Cijoho, Perempatan Ciporang, Tugu Sajati Ancaran, Tugu Ikan Sampora, dan Perempatan Gotong Royong. Tak terkecuali di pusat pemerintahan depan Pendopo Bupati Kuningan, Jalan Siliwangi, juga terpantau oleh jaringan CCTV yang bisa dilihat secara real-time.


"Selain di depan Masjid Syiarul Islam Kabupaten Kuningan, kami juga akan melakukan pantauan CCTV di beberapa titik strategis lainnya, guna memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama malam takbiran," tambahnya.


Diharapkan dengan adanya pantauan CCTV ini, masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam merayakan malam takbiran Idul Fitri 1444 Hijriyah.


Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Kominfo Kuningan, Wahyu Hidayah, Kamis malam menjelaskan, dari pantauan CCTV lalu lintas di Kuningan kota di Command Center Pemkab Kuningan, menunjukkan bahwa lalu lintas berjalan lancar tanpa ada kendala berarti.

Wahyu menyebutkan pihaknya terus memantau kondisi lalu lintas melalui sistem CCTV yang terpasang di berberapa titik strategis. Seperti di Bundaran Cijoho, Depan Masjid Syiarul Islam, Tugu Ikan Sampora, Perempatan Pasar Darurat, Pertigaan Tugu Sajati Ancaran, dan Perempatan Ciporang.


"Dengan sistem CCTV ini, kami dapat memantau lalu lintas secara real time dan memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak keamanan dan Dishub Kuningan untuk memastikan arus mudik tetap lancar dan aman," tutur Wahyu Hidayah.


Di samping itu, Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang masih akan melakukan perjalanan mudik untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas dan berhati-hati di jalan.(Nars)