Getaran Gempa Bumi Tuban Jawa Timur, Dirasakan Sampai Bogor dan Bali - Kuningan Religi

Breaking


Jumat, 14 April 2023

Getaran Gempa Bumi Tuban Jawa Timur, Dirasakan Sampai Bogor dan Bali

Ilustrasi gempa bumi Tuban , Jum'at (14/04) sore

JAKARTA - Gempa berkekuatan 6.6 magnitudo mengguncang wilayah Indonesia pada Jum'at  (14/04) pukul 16:55:44 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa ini terjadi di koordinat 6.29 LS, 111.92 BT (68 km Barat Laut Tuban, Jawa Timur) dengan kedalaman 632 kilometer.


Meskipun gempa ini cukup kuat, BMKG menyatakan bahwa tidak berpotensi tsunami. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa yang diakibatkan oleh gempa tersebut.


Dari pantauan kuninganreligi.com, pasca terjadinya gempa bumi tersebut, banyak unggahan warganet yang mengaku juga merasakan getaran gempa bumi pada Jum'at sore.


Dari bagian selatan, akun Twitter atas nama @BASAbali menuliskan cuitan: "Bali gempa, Linuh linuh linuh πŸ˜­πŸ™πŸ»." Yang ditimpali oleh akun @LuhAyuManikMas1 menuliskan: "Sampai Bali πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ» keras dan lama πŸ₯ΊπŸ™πŸ» semoga baik-baik saja πŸ™πŸ»πŸ₯Ί".


Sementara akun Twitter atas nama Gustiani Rahmawati, mengatakan bahwa getaran gempa Tuban pada Jum'at sore, terasa hingga daerah Cibinong, Bogor. "Gempa nya berasa sampe Cibinong Bogor euy," katanya.



Gempa bumi memang sering terjadi di Indonesia, yang terletak di Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik. Beberapa gempa terkuat dalam sejarah dunia juga terjadi di wilayah ini. Oleh karena itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siap menghadapi bencana gempa bumi.


Selain itu, BMKG juga menyarankan masyarakat untuk memperhatikan informasi resmi yang disampaikan oleh pihak berwenang terkait cuaca, iklim, dan gempa bumi. Dengan memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya, masyarakat dapat mengambil tindakan yang tepat untuk melindungi diri dan keluarga dari ancaman bencana. (Nars)